-->

Artikel Kerajinan Bahan Lunak ; Pengertian Kerajinan Lengkap

Kerajinan Bahan Lunak




Disusun oleh :

MOKA TRISENDI


SMK NEGERI 3 METRO
Alamat : jln.kemiri 15a iring mulyo metro timur, telp/fax (0725)41103
Web site : smkn3-metro.sch.id Email : smk3metro@yahoo.com



Pengertian dari Kerajinan



 Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Kata “kerajinan” berasal  dari kata “rajin” yang artinya barang/benda yang dihasilkan  oleh keteramplan tangan.

Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :

1.      Kerajinan bahan alam


Kerajinan bahan alam merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan ala, atau bahan dasarnya bahan – bahan alam seperti : Serat alam, bambu, rotan.

2.      Kerajian bahan buatan


Kerajinan bahan buatan merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti : plastic, gips, sabun, lilin, dan lain – lain.

Pengertian dari Kerajinan Bahan Lunak


Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, bberapa bahan yang lunak dalam pembuatan produk kerajinan yaitu :

  Bahan Lunak Alami.


Bahan Lunak Alami adalah bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan lainnya. 
Contohnya : Tanah liat, serat alam, kulit.

  Bahan Lunak Buatan


Bahan Lunak Buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak . Bahan – bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglass, lilin, spons, sabun, dan lain – lain.


Contoh Kerajinan Bahan Lunak
Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan.

a.      Kerajinan Tanah Liat


Kerajian yang terbuat dari bahan liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik . Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijat, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) Contoh : Gerabah, vas/guci , piring. Indonesia memiliki aneka ragam hias yang ditampilkan.

b.      Kerajinan Serat Alam


Bahan – bahan serat alam dapat menghasilakan kerajinan tangan yang beranekaragam, misalnya tas, topi, dompet, alas meja, tempat lampu Sebagian besar, pembuatan kerajinan dari serat alam adalah dengan cara menganyam.

c.       Kerajinan Kulit 


Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contoh : Tas, Sepatu, Dompet, Jacket, Wayang. Kulit yang digunakan adalah kulit hewan, yaitu sapi, kambing, kerbau, buaya, dan lain – lain.

d.      Kerajian Gips


Kerajinan Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri dari jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral brupa karbonat, borat, nitrat, sulfat. Secara umum untuk membuat produk gips diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicon rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat.Fungsi kerajinan dari gips biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

e.      Kerajinan Lilin


Pembuatan kerajinan lilin cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan semua orang. Jika kita mau mengubah bentuk menjadi banda kerajinan yang unik, kita perlu melakukan pencairan dengan proses pemanasan atas api.

f.        Kerajianan Sabun


Kerajianan dari sabun sangan unik. Sabun dapat diolah dengan 2 cara. Cara pertama yaitu mengukir sabun, cara kedua yaitu membentuk sabun seperti memarut, mencairkan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel