Makalah Flowchart Lengkap : Pengertian, Jenis, Dan Penjelasan Lainnya
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah
, penulis panjatkan puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT Yang Maha pengasih lagi
Maha Penyayang. Berkat rahmatnya, penulis dapat menyelesaikan makalah dengan
lancar. tak lupa pula shalawat dan salam penulis haturkan kepada junjungan Nabi
Muhammad SAW. dan dengan makalah ini penulis memberi judul “Kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada Flowchart
atau Struktogram”. Makalah ini berisi tentang pengertian
flowchart dan simbol-simbol yang di gunakan pada flowchart.
Penulis
menyadari bahwa makala ini masih jauh dari sempurna . Oleh karena itu , penulis
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan
untuk menyempurnakan makalah yang akan datang. Akhirnya penulis berharap semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak baik yang menyusun maupun yang
membaca .Amin.
Metro,
29 juli 2017
Penulis
KELOMPOK
4
DAFTAR ISI
Cover
………………………………………………………………………………………
Kata
pengantar…………………………………………………………………………….. 1
Daftar isi…………………………………………………………………………………… 2
BAB I. Pendahuluan
A. Latar belakang…………………………………………………………………. 3
B. Rumusan masalah……………………………………………………………… 3
C. Tujuan ………………………………………………………………………… 4
BAB II. Pembahasn materi
A. Pengertian flowchart………………………………………………………….. 5
B. Jenis-jenis flowchart………………………………………………………….. 6
C. Simbol dan notasi flowchart………………………………………………….. 8
D. Pedoman membuat flowchart………………………………………………… 12
E. Contoh-contoh flowchart…………………………………………………….. 14
F. Simbol blok dan fungsinya…………………………………………………… 17
G. Simbol cabang tunggal dan fungsinya………………………………………... 19
H. Simbol cabang rangkap dan fungsinya……………………………………….. 21
I. Simbol pengulangan syarat dan tanpa syarat…………………………………. 21
J. Simbol program bagian dan fungsinya………………………………………. 24
K. penerapan simbol-simbol pada kehidupan sehari-hari………………………… 25
BAB III. Penutup
A. Kesimpulan…………………………………………………………………… 39
B. Saran…………………………………………………………………………… 39
Daftar pustaka……………………………………………………………………………. 40
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang
memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran
ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan
proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis
penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan
program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas.
Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart
selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk
program dengan bahasa pemrograman.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Pengertian flowchart
2. Jenis-jenis flowchart
3. Simbol dan notasi flowchart
4. Pedoman membuat flowchart
5. Contoh-contoh flowchart
6. Simbol blok dan fungsinya
7. Simbol cabang tunggal dan fungsinya
8. Simbol cabang rangkap dan fungsinya
9. Simbol pengulangan syarat dan tanpa syarat
10. Simbol program bagian dan fungsinya
11. Sertakan penerapan simbol-simbol pada kehidupan
sehari-hari
C. TUJUAN
1. Dapat mengetahui simbol blok dan fungsinya
2. Untuk mengetahui simbol cabang tunggal dan fungsinya
3. Dapat mengetahui simbol cabang rangkap dan fungsinya
4. Dapat mengetahui simbol pengulangan syarat dan tanpa
syarat
5. Dapat mengetahui simbol program bagian dan
fungsinya
6. Dapat menerapan simbol-simbol pada kehidupan
sehari-hari
BAB II
PEMBAHASAN materi
A.
DEFINISI
FLOWCHART MENURUT BEBERAPA AHLI
1. Menurut Pahlevy (2010)
"Flowchart (bagan alir) adalah
gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu
program, yang menyatakan arah alur program tersebut".
2. Menurut Jogiyanto
(2005)
"Bagan
alir (flowchart) adalah bagan (chart)yang
menunjukkan alir atau arus (flow) di dalam program atau
prosedur sistem secara logika".
3. Menurut Krismiaji (2010) dalam buku Sistem
Informasi Akuntansi
"Bagan
alir merupakan teknik analitis yang digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek
sistem informasi secara jelas, tepat dan logis".
4. Menurut Indrajani (2011)
"Flowchart
merupakan gambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu
program".
5. Menurut Sariadin Siallagan (2009)
"Flowchart
adalah bagan atau suatu diagram alir yang mempergunakan simbol atau tanda untuk
menyelesaikan suatu masalah".
B. JENIS – JENIS
FLOWCHART
Ada beberapa jenis flowchart diantaranya yaitu:
1.
Bagan alir sistem (systems
flowchart).
2.
Bagan alir dokumen (document
flowchart).
3.
Bagan alir skematik (schematic
flowchart).
4.
Bagan alir program (program
flowchart).
5.
Bagan alir proses (process
flowchart).
v System
Flowchart
System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang
menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini
menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan
alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
v Document
Flowchart
Bagan alir dokumen (document flowchart) atau
disebut juga bagan alir formulir (form flowchart)
atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari
laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
v Schematic
Flowchart
Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan
alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di
dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir skematik selain menggunakan
simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar-gambar komputer dan
peralatan lainnya yang digunakan. Maksud penggunaan gambar-gambar ini adalah
untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang paham dengan simbol-simbol
bagan alir. Penggunaan gambar-gambar ini memudahkan untuk dipahami,
tetapi sulit dan lama menggambarnya.
v Program
Flowchart
Bagan alir program (program flowchart) merupakan
bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan
alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem. Bagan alir program dapat
terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic
flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed
computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan
untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika.
Bagan alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem. Gambar berikut
menunjukkan bagan alir logika program. Bagan alir program komputer
terinci (detailed computer program flow-chart) digunakan untuk
menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci. Bagan alir
ini dipersiapkan oleh pemrogram.
v Process
Flowchart
Bagan alir proses (process flowchart) merupakan bagan
alir yang banyak digunakan di teknik industri. Bagan alir ini juga berguna bagi
analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur.
Dipakai sebagai alat Bantu menggambarkan proses di dalam program. Dan
dibagi menjadi tiga kelompok :
♦ Flow Direction
Symbols ♦
·
dipakai
untuk menggabungkan antara symbol yang satu dengan symbol lainnya
Symbol Off-line Connector : Simbol untuk keluar/masuk prosedure atau proses dalam lembar/halaman yang lain.
Symbol Connector : Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama.
Symbol Off-line Connector : Simbol untuk keluar/masuk prosedure atau proses dalam lembar/halaman yang lain.
Symbol Connector : Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama.
♦ Processing symbols ♦
·
Menunjukkan
jenis operasi pengolahan dalam suatu prosedur
Symbol Process : Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh computer.
Symbol Manual Operation : Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukanoleh computer.
Symbol Decision : Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi.
Symbol Predefined Process : Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.
Symbol Terminal : Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program.
Symbol Off-line Storage : Simbol yang menunjukkan bahwa data di dalam symbol ini akan disimpan.
Symbol Manual Input : Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard.
Symbol Keying Operation : Simbol operasi dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard.
Symbol Process : Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh computer.
Symbol Manual Operation : Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukanoleh computer.
Symbol Decision : Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi.
Symbol Predefined Process : Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.
Symbol Terminal : Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program.
Symbol Off-line Storage : Simbol yang menunjukkan bahwa data di dalam symbol ini akan disimpan.
Symbol Manual Input : Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard.
Symbol Keying Operation : Simbol operasi dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard.
♦ Input-output symbols ♦
·
menyatakan
jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.
Symbol input-output : Symbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya.
Symbol magnetic-tape unit : Symbol yang menyatakan input berasal pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic.
-
Symbol
punched card : Symbol yang menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis
ke kartu.
Symbol input-output : Symbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya.
Symbol magnetic-tape unit : Symbol yang menyatakan input berasal pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic.
-
Symbol disk and on-line storage : Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk.
Symbol dokumen : symbol yang menyatakan input berasal dari
dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas.
TIPE DATA PADA
FLOWCHART :
Ø Tipe data
Adalah suatu pengenal yang
merupakan bagian program yang paling penting karna tipe data mempengaruhi
setiap instruksi yang akan dilaksanakan oleh computer. Berikut adalah beberapa
tipe data pada flowchart :/
1)
Tipe data integer
Digunakan untuk nilai
integer / numeric / angka. Data integer tersimpan dalam memori 4 byte (32 bit).
Integer digunakan untuk bilangan bulat.
2)
Tipe data long
Sama dengan integer bedanya
ini menampung data dalam skala kecil sedangkan long dalam skal besar.
3)
Tipe data float
Termasuk kedalam kelompk
floating point yang emnampung bilangan ril. Float ini digunakan untuk bilangan
decimal.
4)
Tipe data double
Sama denagn float, bedanya
float menampung data dalam skala kecil sedangkan double dalam skala besar.
5)
Tipe data char
Digunakan untuk karakter.
Masing-masing karakter meempati memori sebesar 1 byte. 1 byte terdiri dar 8 bit.
Satu variable bertipe char hanya mampu menampung 1 buah karakter.
D. PEDOMAN MEMBUAT
FLOWCHART
Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa
petunjuk yang harus diperhatikan, seperti:
1.
Flowchart digambarkan dari
halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan.
2.
Aktivitas yang digambarkan
harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti
oleh pembacanya.
3.
Kapan aktivitas dimulai dan
berakhir harus ditentukan secara jelas.
4.
Setiap langkah dari
aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja
5.
Setiap langkah dari
aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6.
Lingkup dan range dari
aktifitas yang sedang digambarkan harusditelusuri dengan hati-hati.
Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak
perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan
percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya
bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
7.
Gunakan simbol-simbol
flowchart yang standar.
Ø KAIDAH MEMBUAT FLOWCHART :
Dalam pembuatan flowchart tidak ada
rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran
hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga
flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan
pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap
pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
1. Input berupa bahan mentah
2. Proses pengolahan
3. Output berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer,
dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;
C. START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang
diperlukan sebelum menangani pemecahan masalah.
D. READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu
peralatan input.
E. PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan
persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
F. WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke
perlatan output.
G. END: mengakhiri kegiatan pengolah
E.
CONTOH – CONTOH FLOWCHART
1.) Contoh
Flowchart Program
·
Contoh Flowchart Program –
Menentukan Bilangan Ganjil/Genap
·
Penggunaan predefined
processes dapat digunakan untuk menyederhanakan flowchart system yang complex.
2.) Contoh
image Flowchart
3.)
Contoh Flowchart / Bagan Alir
F.
SIMBOL BLOK DAN FUNGSINYA
Block chart berfungsi memodelkan masukkan,
keluaran, refrensi, master, proses ataupun transaski dalam
simbol-simbol tertentu. Pada dasarnya tidak berorientasi pada fungsi, waktu
ataupun aliran data tetapi lebih ke arah proses (saling melengkapi dengan PS).
Simbol-simbol yang digunakan dalam Block
Chart, relatif umum digunakan dalam banyak sistem dan terdiri
dari:
Langkah-langkah menganalisa pada blok chart :
Pada dasarnya ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam
menganalisa blok chart :
v Masukkan (Input).
v Proses.
v
Keluaran (Output).
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan
blok chart :
v Identifikasi proses yang akan dideskripsikan sebagai
BC.
v · Tentukan masukkannya (form, file, keyborad, dll).
v Tentukan keluarannya (form, file, printer, creen,
dll).
v
· Tentukan aliran
datanya.
G.
SIMBOL CABANG TUNGGAL DAN FUNGSINYA
Berfungsi mempresentasikan grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti
dalam menyelesaikan sesuatu permasalahan yang terdiri dari simbol dimana
masing-masing simbol mempresentasikan kegiatan tertentu.
|
Terminator
Untuk menandai dan mengakiri suatu flowchart
|
|
Input-Output
Untuk menyatakan operasi pemasukan data dan pengeluaran
|
|
Proses
Untuk menyatakan kegiatan pemrosesan input
|
|
Decision
Untuk pemeriksaan suatu kondisi
|
|
Page Conector
Untuk menghubungkan suatu langkah ke langkah yang lain
|
|
Off page connector
Menghubungkan suatu langkah dengan langkah lain dihalaman berbeda.
|
|
Flow lines
Untuk menghubungkan setiap langkah dan menunjukan arah diagram flowchart
|
|
Predefined proses
Untuk melakukan pemanggilan suatu prosedur program utama
|
PERCABANGAN :
Percabangan
biasa digunakan untuk pengambilan keputusan diantara banyaknya pernyataan yang
ada. Percabangan terbagi menjadi beberapa jenis, diataranya adalah sebagai
berikut.
1. Percabangan
1 kondisi (IF)
Merupakan percabangan
yang hanya memiliki 1 kondisi dan 1 pernyataan. Contoh: Jika hujan, maka Andi
akan berangkat ke sekolah menggunakan angkutan umum.
2. Percabangan
2 kondisi (IF-ELSE)
Merupakan percabangan
yang memiliki 2 kondisi dan 2 pernyataan.
Contoh.
Jika hujan, maka Andi
akan berangkat ke sekolah menggunakan angkutan umum. Tetapi, jika tidak hujan
maka Andi akan berangkat ke sekolah menggunakan sepeda.
3. Percabangan
lebih dari 2 kondisi
Merupakan percabangan
yang memiliki lebih dari 2 kondisi dan lebih dari 2 pernyataan.
Contoh.
Jika hujan dan
mendung, maka Andi akan berangkat ke sekolah menggunakan angkutan umum. Jika
tidak hujan dan mendung, maka Andi akan berangkat ke sekolah menggunakan
sepeda. Tetapi, jika tidak hujan dan tidak mendung maka Andi akan berangkat ke
sekolah dengan berjalan kaki.
4. Percabangan
bersarang
Merupakan suatu
percabangan yang berada di dalam percabangan. Bentuk umum percabangan ini
adalah seperti berikut.
H.
SIMBOL CABANG RANGKAP DAN FUNGSINYA
Simbol cabang rangkap
berfungsi untuk menyimpan cadangan suatu file dalam flowchart. cabang rangkap yang di gunakan flowchart itu
untuk mengetahui mana yang layak dan mana yang tidak layak
I.
SIMBOL PENGULANGAN SYARAT DAN TANPA SYARAT
Pengulangan adalah
suatu pekerjaan yang dilakukan secara berulang sampai kondisi
tertentu.digunakan untuk menghasilkan pengulangan beberapa kali.
Ø
Macam-macam
pengulangan :
a. For
b.while
c.Do-while
c.Do-while
Ø
Struktur penggolongan
for
Pseudcode, perubahan nilai awal ke nilai akhir
Struktur Branching / Percabangan
1. Bersyarat
Diagram yang alurnya
ada / banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan dan terjadi apabila kita
dihadapkan pada suatu kondisi dengan dua pilihan BENAR/SALAH. Struktur
dari percabangan yang bersyarat terdiri dari:
·
If Then
·
If Then Else
·
If Then Else If
·
Case of
2. Tidak
Bersyarat
Struktur : GO TO . Bentuk umum
penulisannya adalah GO TO LabeL
PENGULANGAN :
Pengulangan
terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut. Dalam bab ini yang
dibahas hanya sampai pengulangan dengan kondisi diinputkan oleh user.
1. Pengulangan
dengan kondisi di awal
2. Pengulangan
dengan kondisi di akhir
3. Pengulangan
dengan kondisi diinputkan oleh user
4. Pengulangan
dengan pencacah naik
5. Pengulangan
dengan pencacah turun
6. Pengulangan
bersarang
1. Pengulangan
dengan kondisi di awal
Merupakan
pengulangan dengan memberikan kondisi di awal sebelum badan pengulangan.
Langkah-langkah untuk membuat algoritma pengulangan dengan kondisi di awal:
a) Inisialisasi/pemberian
nilai awal untuk elemen pertama
b) Berikan
kondisi
c) Tuliskan
badan/aksi pengulangan
d) Berikan
nilai elemen selanjutnya untuk menaikkan nilai elemen pengulangan
Apabila digambarkan
dengan notasi flowchart adalah sebagai berikut.
Contoh soal :
Sebuah desa yang
terdiri dari 15 RT bermaksud untuk mencatat nama masing-masing ketua RT.
Nilai
awal = i
(bernilai 1)
Kondisi =
diulang 15 kali
Badan/aksi =
mencatat nama ketua RT
Next
elemen = I + 1
2. Pengulangan
dengan kondisi di akhir
Merupakan
perulangan dengan memberikan kondisi di akhir setelah badan pengulangan.
Langkah-langkah untuk membuat algoritma pengulangan dengan kondisi di akhir
adalah sebagai berikut.
a) Inisialisasi/pemberian
nilai awal
b) Tuliskan
badan pengulangan
c) Berikan
nilai elemen selanjutnya untuk menaikkan nilai elemen pengulangan
d) Berikan
kondisi pengulangan
Apabila digambarkan
dengan notasi flowchart adalah seperti berikut.
Contoh Soal :
Sebuah desa yang
terdiri dari 15 RT bermaksud untuk mencatat nama masing-masing ketua RT.
Nilai
awal = i
(bernilai 1)
Kondisi =
diulang 15 kali
Badan/aksi =
mencatat nama ketua RT
Next
elemen = I + 1
3. Pengulangan
dengan kondisi diinputkan oleh user
Merupakan
pengulangan dengan kondisi yang ditentukan/diinputkan oleh user, sehingga
kondisi pengulangan sesuai dengan jumlah aksi yang dilakukan
a) User
diminta untuk memberikan kondisi
b) Berikan
kondisi sesuai input user
c) Inisialisasi/pemberian
nilai awal
d) Tuliskan
badan pengulangan
e) Berikan
nilai elemen selanjutnya untuk menaikkan nilai elemen pengulangan
Apabila digambarkan
dalam notasi flowchart adalah seperti berikut.
Contoh soal :
Sebuah desa dengan
jumlah RT yang belum diketahui bermaksud untuk mencatat nama masing-masing
ketua RT.
Input
user = y
Nilai
awal = i
(bernilai 1)
Kondisi =
diulang 15 kali
Badan/aksi =
mencatat nama ketua RT
Next
elemen = I + 1
J. SIMBOL PROGRAM BAGIAN DAN FUNGSINYA
Subroutine
atau procedure adalah suatu blok program terpisah yang digunakan untuk
mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Kegunaan yang umum dari subroutine adalah
menghemat kode program bila terjadi proses yang sama diulang berkali-kali.
Salah satu bentuk subroutine di dalam visual basic dikenal dengan event dari
komponen Pada bab-bab sebelumnya sudah banyak digunakan subroutine ini.
Subroutine adalah suatu prosedur yang berada di dalam program
RPG(Report Program Generator) memungkinkan dipanggil/diproses berulang-ulang.
Penulisan sub routine berada dibawah program utama atau folder, diantara begsr
dan endsr.
·
Begsr (Begin SubRoutine) : Operasi begsr menunjukkan awal
dari sebuah sub routine RPG/400. Faktor1 berisi nama dari sub routine.
·
Endsr (End of Sub Routine) : Operasi endsr menunjukkan
akhir dari sebuah sub routine.
·
Exsr (Execute Sub Routine) : Operasi Exsr menyebabkan nama
sub routine yang ada di faktor 2 diproses
K. PENERAPAN SIMBOL-SIMBOL PADA KEHIDUPAN
SEHARI-HARI
Ø
Algoritma menulis
surat :
a. Mempersiapkan kertas dan amplop
b. Mempersiapkan alat tulis, seperti
pena atau pensil
c. Mulai menulis
d. Memasukkan kertas ke dalam amplop
e. Pergi
ke kantor pos untuk mengeposkan surat tersebut
Ø Flowchart tata cara makan
Ø Flowchart kegiatan sehari-hari
Ø Flowchart meminjam buku di perpustakaan
Ø Algoritma penyajian ayam goreng spesial :
a. Potong
ayam menjadi bagian-bagian yang kecil atau potong sayap ayam menjadi 2 bagian
b. Lumuti
potongan ayam dengan tepung bumbu ayam spesial hingga rata
c. Diamkan
selama 30 menit (lebih baik simpan di lemari es semalam)
d. Goreng
ke dalam minyak panas secukupnya hingga matang
e. Ayam
goring spesial siap disajikan, dengan nasi atau sebagai camilan
Ø Algoritma mengirim SMS :
a. Mengambil HP
b. Pilih Menu -> Pesan
c. Pilih tulis
baru
d. Ketikkan
pesan yang mau dikirimkan
e. Setelah
selesai, pilih lanjutkan untuk memasukan / memilih no tujuan
f. Klik
OK untuk mengirim.
Ø Algoritma berwudhu :
a. Pertama-tama
adalah niat berwudhu
b. Membaca
Basmallah
c. Nyalakan
keran air
d. Membasuh
kedua telapak tangan
e. Berkumur-kumur
sebanyak 3 kali
f. Membasuh
muka sebanyak 3 kali
g. Membasuh kedua tangan sampai ke siku yang
kanan terlebih dahulu sebanyak 3 kali, demikian pula yang kiri.
h. Mengusap kepala sebanyak
3kali
i. Kemudian
membasuh daun telinga sebanyak 3 kali
j. Membasuh kedua telapak kaki
sampai mata kaki yang kanan terlebih dahulu sebanyak 3 kali, demikian pula yang kiri
k. Matikan
keran
l. Membaca
do'a sesudah wudhu
Ø Flowchart
Berwudhu
Ø . Algoritma Menggunakan
Telepon Koin
1.
Mencari telpon umum
2.
Menyiapkan uang koin
3.
Menyiapkan nomer teman
anda yang akan di telpon
4.
Angkat gagang telpon
5.
Dengarkan suara telpon
untuk memastikan keadaan telpon baik
6.
Masukan koin
7.
Tekan nomer temen anda
yang akan di telpon
8.
Dengarkan suara telpon
9.
Ucapan kan salam bila terdengar
suara orang
10.
Bertanya apabila nomer
benar apa salah
11.
Jika benar, Lakukan
obrolan
12.
Jika salah, Minta
maaf/salah sambung
13.
Selesai, ucapkan
Salam/terima kasih
14.
Kembalikan gagang telpon
ketempatnya
Ø Flowchart Menggunakan
Telepon Koin
Ø Algortima
Memasak Mie Instan
1.
Siapkan
Mie dan peralatan seperti panci, piring, sendok, garpu, gunting.
2.
Buka
Bungkus Mie
3.
Masukkan
Bumbu kedalam piring, jika susah gunakan gunting
4.
Hidupkan
Kompor
5.
Tuangkan
air secukupnya
6.
Tunggu
hingga mendidih
7.
Masukkan
Mie Instan kedalam air mendidih
8.
Aduk
dan Tunggu ± 3 menit
9.
Matikan
kompor
10.
Tuangkan
Mie pada piring
11.
Aduk
Mie agar bumbu tercampur merata
12.
Sajikan
dengan keadaan hangat
Ø Flowchart
Memasak Mie Instan
Ø Algortima
Mengganti Ban Yang Kempes
1.
Persiapkan
alat-alat yang dibutuhkan; Ban Serep, dongkrak, Kunci Ban, Pipa Perpanjangan
2.
Nyalakan
Lampu Hazard (Lampu tanda belok/sen yang menyala dua)
3.
Tarik
Rem Tangan
4.
Kendurkan
Mur Ban Menggunakan Kuci Ban , Jika Tidak Kuat dapatkan dengan Pipa
perpanjangan
5.
Dongkrak
mobil kita menggunakan dongkrak
6.
Lepas
Mur dan Roda
7.
Ganti
dengan Ban Serep
8.
Pasang
kembali Mur Roda
9.
Turunkan
dongkrak sampai ban menyentuh tanah
10.
Kencangkan
dengan kunci ban
Ø Flowchart Mengganti
Ban Yang Kempes
Ø Algortima Mengirim
Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Melalui Pos
1.
Siapkan
Uang dan Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Yang akan dikirimkan
2.
Tulis
alamat yang dituju
3.
Pergi
ke Kantor POS
4.
Siapkan
kendaraan pribadi, jika tidak punya naik angkot
5.
Menuju
ke loket, jika bingung tanya penjaga POS
6.
Menyerahkan
Kartu Ucapan Selamat Hari raya agar diberi perangko sesuai dengan tujuan
7.
Kartu
Ucapan Selamat Hari Raya siap dikirim
Ø Flowchart Mengirim
Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Melalui Pos
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan
hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan
simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan
hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung
3.2. SARAN
Demikian yang dapat saya paparkan, tentunya masih banyak kekurangan dan
kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan. Saya banyak berharap agar para
pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya makalah ini
dan penulisan makalah di kesempatan berikutnya.Semoga makalah ini berguna dan
bermanfaat.
DAFTAR
PUSTAKA
https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=sites&srcid=ZGVmYXVsdGRvbWFpbnx3aWxkYW50b2Z8Z3g6M2M0Njg5ZGU3NzEwODYzYw
http://makalahkaidah.blogspot.sg/
http://makalahkaidah.blogspot.sg/
http://bayuawm.blogspot.com/2012/10/tugas-pertama-algoritma-dan-struktur.html