-->

Artikel Pengertian Decoding, Fetch, Encoding dan Execute Lengkap

Decoding adalah kebalikan dari encoding, yang merupakan proses mengubah informasi dari satu format ke lain. Menerjemahkannya ke dalam perintah komputer, Decode menafsi

1. Fetch .Decode . Execute. Store 


Sebuah siklus instruksi (juga disebut mengambil-decode-execute siklus, dan FDX) adalah periode waktu di mana komputer proses sebuah mesin bahasa instruksi dari perusahaan memori atau urutan tindakan bahwa unit pengolahan pusat( CPU) melakukan untuk menjalankan setiap kode mesin instruksi dalam sebuah program. 

siklus tidak pernah digunakan pada CPU. 

Nama mengambil dan execute siklus yang umum digunakan. From instruksi harus diambil dari memori utama , dan kemudian dieksekusi oleh CPU. Ini pada dasarnya bagaimana computer beroperasi, dengan CPU yang membaca dan melaksanakan serangkaian instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin-nya. Dari ini muncul semua fungsi dari sebuah komputer dikenal dari ujung pengguna.

Setiap CPU komputer dapat memiliki siklus yang berbeda berdasarkan set instruksi yang berbeda.

Mengambil instruksi 

CPU menyajikan nilai dari program counter (PC) di bus alamat. CPU kemudian menjemput instruksi dari memori utama melalui bus data kememori dari  MDR tersebut kemudian ditempatkan kedalam register instruksi saat ini (CIR), sebuah sirkuit yang menyimpan instruksi sementara sehingga dapat diterjemahkan dan dieksekusi.

Decode instruksi 

Decoder instruksi menafsirkan dan mengimplementasikan instruksi. Memegang instruksi saat ini, sementara program counter (PC) memiliki alamat dalam memori dari instruksi berikutnyaakan di eksekusi.

Ambil data dari memori utama 

Baca alamatefektifdarimemoriutamajikainstruksimemilikialamattidaklangsung Fetch diperlukan data dari memori utama untuk diproses dan tempat ke dalam register data.

Jalankan instruksi 

Dari daftar instruksi, data yang membentuk instruksi ini diterjemahkan oleh unit kontrol. Kemudian melewati informasi decode sebagai urutan sinyal control ke unit fungsi yang relevan dari CPU untuk melakukan tindakan yang dibutuhkan oleh instruksi seperti membaca nilai dari register, melewati mereka ke unit aritmatika logika (ALU) untuk menambahkan mereka bersama-sama dan menulis hasilnya kembali ke register. Sebuah kondisi sinyal dikirim kembali ke unit control oleh ALU jika terlibat.

Toko Hasil 

Juga disebut menulis kembali kememori.  Hasil yang dihasilkan oleh operasi di simpan dalam memori utama, atau dikirim ke perangkat output. Berdasarkan kondisi umpan balik dari ALU, PC sedang bertambah baik ke alamat instruks iberikutnya atau diperbarui ke alamat yang berbeda di mana instruksi berikutnyaa kan diambil. Siklus tersebut kemudian diulang.

Siklus Fetch 

Langkah 1 dan 2 dari Siklus Instruksi disebut Siklus Fetch..Langkah-langkah yang sama untuk setiap instruksi.. Proses siklus ini mengambil instruksi dari kata instruksi yang berisi opcode dan operan sebuah.

Siklus Execute

Langkah 3 dan 4 dari Siklus Instruksi merupakan bagian dari Siklus Execute. Langkah-langkah ini akan berubah dengan setiap instruksi. 

Langkah pertama dari siklus eksekusi adalah Proses-Memori. Data ditransfer antara CPU dan I / O modul..Berikutnya adalah Data Pengolahan menggunakan operasi matematika serta operasi logis dalam referensi data. Central perubahan adalah langkah berikutnya, adalah sebuah urutan operasi, misalnya operasi melompat. Langkah terakhir adalah sebuah operasi gabungan dari semua langkah lainnya.

Encoding adalah penyandian atau proses untuk mengubah sinyal asal, kedalam bentuk yang lebih optimal untuk keperluan komunikasi data dan penyimpanan data. 

Misalnya satu byte data terdiridari 8 bit jajar. Untuk mengirimkan data bit jajar ini memerlukan 8 saluran kanal pengirim dan 8 saluran kanal penerima. Karena ini tidak efisien, maka informasi harus di encoding atau disandikan ke dalam bentuk data deret sehingga kita bias mengirim sinyal hanya dengan satu kanal pengirim dan satu kanal penerima. 

Decoding adalah mengekstrak data yang telah di encoding tadi ke dalam bentuk sinyal asli atau asalnya. Dalam hal ini sebagai contoh mengubah sinyal bit deret menjadi sinyal bit data jajar. 

Sama juga untuk menyimpan data kedalam harddisk, harus di encoding dalam bentuk data deret. Tanpa encoding, diperlukan 8 harddisk yang bekerja sinkron yang mana itu mustahil. Tapi kalau untuk video, biasanya encoding itu mengecilkan atau mencompresi file dan decoding itu mengekstrak ke dalam bentuk file asalnya.

Penafsiran kode (Decoding) adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.

DECODING


   Pengertian Decoding


            Penafsirankode (Decoding) adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi. Decoding juga dapat didefisikan sebagai tahapan dimana instruksi akan di terjemahkan (interpret) kedalam perintah-perintah bahasa mesin dasar (ADD, SB, MBA, STA, JMP, dll). Proses ini dilakukan oleh instruction decoder.



               Pada CPU, merupakan salah satu langkah dalam menjalankan instruksi yang akan dijalankan oleh computer pada CPU. Ketika CPU telah mendapatkan instruksinya melalui fetch, maka pelaksanaan berikutnya adalah pada bagian decode ini yang berfungsi untuk menganalisa instruksi yang akan dijalankan, terutama untuk menentukan bagian chip manapada CPU yang akan digunakan untuk memproses instruksi tersebut.

            Beberapa chip akan melihat melihat bagaimana suatu instruksi dapat dilakukan seefisien mungkin. Begitu juga ketika sebuah instruksi yang didapatkan tiidak langsung memberikan data aktualnya, melainkan alamat dimana data tersebut berada, maka chip tersebut akan melakukan proses pengambilan dimana data tersebutberada.

 Decode instruksi

       Decoder menafsirkan instruksi. Selama siklus ini instruksi di dalam IR (instruksi pendaftaran) akan diterjemahkan.

Kasus instruksi memori (langsungatautidaklangsung)

    Fase eksekusi akan di pulsa clock berikutnya.  Jika instruksi memiliki alamat tidak langsung ,alamat efektif dibaca dari memori utama, dan setiap data yang dibutuhkan diambil dari memori utama untuk diolah dan kemudian ditempatkan kedalam register data (Jam Pulse: T  Jika instruksi ini langsung, tidakada yang dilakukanpadapulsa clock. Jikainiadalahinstruksi I / O atauinstruksi Register, operasidilakukan (dijalankan) di Pulse jam.

Jalankan instruksi

       Control Unit CPU melewati informasi decode sebagai urutan sinyal control ke unit funsi yang relevandari CPU untuk melakukan tindakan yang dibutuhkan oleh instruksi seperti membaca nilai dari register, melewati mereka ke ALU untuk melakukan fungsi matematika atau logika pada mereka, dan menulis hasilnya ke mbali ke register. 

Jika ALU terlibat, ia mengirim sinyal kondisi kembali ke CU tersebut. Hasil yang dihasilkan oleh operasi disimpan dalam memori utama, atau dikirim keperangkat output. Berdasarkan kondisi umpan balik dari ALU, Counter Program dapat diperbarui ke alamat yang berbeda dari mana instruksi berikutnya akan diambil.Siklus tersebut ke mudian diulang.

Decoding

Decode atau Pembacaan sandi  Adalah suatu metode pembacaan suatu data yang telah dikirimkan dalam bentuk sandi, kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk data aslinya.

Pada CPU, merupakan salah satu langkah dalam menjalankan instruksi yang akan dijalankan oleh computer pada CPU. Ketika CPU telah mendapatkan instruksinya melalui fetch, maka pelaksanaan berikutnya adalah padabagian decode ini yang berfungsi untuk menganalisa instruksi yang akan dijalankan, terutama untuk menentukan bagian chip manapada CPU yang akan digunakan untuk memproses instruksitersebut.

Beberapa chip akan melihat melihat bagaimana suatu instruksi dapat dilakukan seefisien mungkin. Begitu juga ketika sebuah instruksi yang didapatkan tidak langsung memberikan data aktualnya, melainkan alamat dimana data tersebut berada, maka chip tersebut akan melakukan proses pengambilan dimana data tersebut berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel